Wednesday, December 7, 2016

Cara Menanam Jagung Manis

Cara Menanam Jagung Manis - Sahabat tani Kali Ini Admin informasikan mengenai Cara Menanam Jagung Manis dan sebelumnya Admin telah informaskan Cara Menenam Timun Ala Thailand Nah agung manis (Zea mays saccharata) adalah tanaman jagung yang sering dikonsumsi sebagai sayur atau jagung bakar. Selain itu tren gula rendah kalori belakangan ini membuat pamor gula dari jagung manis perlahan-lahan meningkat. Hal ini membuat nilai jual jagung manis di pasaran cukup tinggi. Jadi budidaya jagung menguntungkan bukan? Namun, untuk budidaya jagung manis gampang-gampang susah, sebab jagung jenis ini lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit dibanding jagung biasa. Tetapi jika budidayanya dilakukan dengan baik dan perawatan yang intensif maka hasil panennya akan maksimal. Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah panduannya:
Jagung Manis
Pengolahan Lahan

Terlebih dahulu periksa pH tanah dari lahan yang akan kita jadikan media tanam jagung manis . karena pH yg di inginkannya kisaran 5.5 s/d 6.5.

Penanaman

Penanaman jagung manis dilakukan dengan cara ditugal. Pertama-tama buatlah lubang tanam sedalam 2-3 cm pada lahan tanam. Beri jarak antar lubang tanam 60-75 cm. Masukan 2 butir benih jagung manis kedalamnya, lalu tutup dengan tanah. Siram agar kelembaban tanah terjaga dan bibit bisa cepat tumbuh. Rata-rata untuk kebutuhan benih tiap hektarnya adalah 8 kg. Lakukan pengendalian hama dan penyakit secara berkala dan ber penanganan yang baik saat tanaman terserang hama dan penyakit dengan pestisida dan obat sesuai dosis yang tepat.

Pemberian Pupuk
Setelah Jagung berumur 30 hari, berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 20 gr pertanaman. hal ini akan memmacu pertumbihan bunga dan perkawinan yg sempurna. tetap beri perlakuan pestisida dengan bahan aktif difenokonazol dan MIPC, dgn dosis difenokonazole 2ml/liter air dan MIPC 2 gr/liter air. beri perlakuan sebanyak 2 minggu 1 kali.
tunggu hingga panen. jgn lupa jagung manis tidak lah perlu di panen terlalu tua. karena jagung manis biasanya di konsumsi dalam bentuk segar dan tanpa di proses lebih lanjut....

Pemanenan

Jagung manis sudah mulai berbunga pada umur 50 hari setelah tanam. Lakukan pemanenan jagung muda terlebih dulu, yakni jagung yang berada di paling pangkal sendiri. Tujuannya agar panen jagung utama bisa maksimal. Panen jagung utama bisa dilakukan pada umur 65-75 hari setelah tanam. Hasil panen jagung muda bisa dijual sebagai sayuran, sedangkan hasil panen jagung utama bisa digunakan sebagai jagung rebus atau jagung bakar.

Sekian ulasan mengenai Cara Menanam Jagung Manis Semoga Bermanfaat dan Menambah wawasan Sahabat Tani Semua.Salam Tani


reff : http://www.carabertani.com/2015/04/cara-menanam-jagung-manis.html


Related video : Cara Menanam Jagung Manis


Eris WiFi

About Eris WiFi

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Related Post